Sunday 28 June 2015

Beberapa Faktor Yang Dapat Menyebabkan Osteoporosis

Beberapa Faktor Yang Dapat Menyebabkan Osteoporosis

Beberapa Faktor Yang Dapat Menyebabkan Osteoporosis

Osteoporosis atau pengeroposan tulang yaitu penyakit yang mempunyai sifat khas berupa masa tulangnya rendah atau berkurang, disertai gangguan mikro-arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang, yang dapat menimbulkan kerapuhan pada tulang. Kondisi osteoporosis dapat terjadi tanpa gejala selama beberapa dekade. Oleh karena itu, pasien mungkin tidak sadar tentang osteoporosis mereka sampai mereka menderita patah tulang yang menyakitkan. Osteoporosis kebanyakan terjadi pada mereka yang sudah berusia  51 tahun ke atas, dan kebanyakan penyakit osteoporosis 2 kali lebih sering menyerang wanita dibandingkan dengan pria.

Selain karena faktor umur, penyakit osteoporosis juga disebabkan oleh beberapa faktor makanan dan asupan gizi berlebih yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit osteoporosis lebih cepat. Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan osteoporosis lebih cepat :

1. Alkohol

Kebiasaan minum alkohol dalam jumlah besar berisiko terhadap kesehatan karena berbagai alasan, termasuk efeknya pada tulang. Penelitian menunjukkan bahwa pengkonsumsi berat alkohol, terutama selama masa dewasa remaja dan muda dapat mempengaruhi kesehatan tulang secara dramatis dan meningkatkan risiko osteoporosis di kemudian hari.

Hal ini terjadi karena alkohol dapat meningkatkan kadar PTH (hormon paratiroid). PTH adalah suatu regulator penting dari kalsium tubuh dan tingkat phosophoros. Jika seseorang minum alkohol dalam jumlah banyak, tingkat PTH mereka dapat tetap tinggi. Hal ini menyebabkan tekanan pada cadangan kalsium tubuh. Karena tulang Anda adalah cadangan kalsium utama, minum alkohol dapat menyebabkan Anda kehilangan kalsium dari tulang.

2. Kafein

Sebuah studi dalam edisi 2006 dari “Osteoporosis International ” melaporkan bahwa patah tulang pinggul meningkat pada wanita yang mengonsumsi lebih dari empat cangkir kopi, tetapi efek yang relatif kecil hanya diamati pada wanita yang juga memiliki asupan kalsium yang cukup. Hasil dari sebuah studi besar, dengan lebih dari 34.000 peserta, diterbitkan dalam edisi September 2000 dari “Public Health Nutrition” menunjukkan bahwa konsumsi kafein dikaitkan dengan peningkatan kecil risiko patah tulang.

Dari bukti yang ada, asupan kafein yang berlebihan dapat memperburuk perkembangan osteoporosis, tapi ini mungkin hanya terjadi pada sebagian kecil dari populasi. Langkah untuk kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis adalah mengkonsumsi kalsium dan vitamin D sesuai jumlah yang dibutuhkan setiap harinya, melakukan latihan beban secara rutin, hindari merokok dan alkohol yang berlebihan, berbicara dengan dokter Anda mengenai kesehatan tulang dan jika dibutuhkan, lakukanlah tes kepadatan tulang dan minum obat.

3. Kelebihan Protein

Konsumsi protein yang berlebihan dapat menyebabkan berkurangnya kalsium.Tubuh kita sangat memerlukan kadar fosfor yang tinggi dan darah harus menjaga rasio kalsium dengan fosfor antara 1:1 dan 1:2. Makanan yang meningkatkan jumlah fosfor akan menyebabkan tubuh mengambil kalsium dari gigi dan tulang untuk menjaga keseimbangan, sekalipun Tubuh memiliki banyak fosfor dan kalsium dalam tubuh tapi tubuh tidak dapat menyerap senyawa yang membentuk kalsium fosfat, maka senyawa ini dikeluarkan dan menambah semakin berkurannya kalsium sehingga tubuh rentan terhadap Osteoporosis. Orang yang mengkonsumsi protein hewani yang berlebihan dapat menderita Osteoporosis yang bisa mengakibatkan penipisan jumlah kalsium.

4. Kelebihan Vitamin D

Kelebihan vitamin A ini ternyata memicu aktivitas osteoclast yaitu sel yang menguraikan tulang. Ternyata vitamin A ini juga berlawanan dengan sistem kerja vitamin D yang berfungsi untuk pembentukan tulang. Hal ini sangat jarang ditemukan di Indonesia. Tapi banyak sekali di Negara maju. Sehingga konsumsi vitamin A mereka melebih 1500 mikrogram perhari atau hingga 3000 mikrogram dan memunculkan kelainan pada tulang pada saat pertumbuhan atau menginjak usia manula.

Segala sesuatu yang berlebihan pasti akan ada dampak buruknya, seperti halnya alkohol, kafein, protein, dan vitamin D ini. Walaupun memiliki khasiat baik untuk kesehatan tapi kalau dikonsumsi secara berlebih dapat menimbulkan berbagai gejala penyakit. Semoga artikel ini bermanfaat ya ^_^

Beberapa Faktor Yang Dapat Menyebabkan Osteoporosis

No comments:

Post a Comment