Monday 15 June 2015

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Batu Empedu

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Batu Empedu

Makanan Yang baik Untuk Penderita Batu Empedu
Batu empedu, ya mungkin sebagian atau bahkan semua orang pernah mendengar penyakit ini. Ya, batu empedu adalah batu yang tumbuh di kandung empedu dan di dalam saluran empedu karena adanya cairan empedu yang mengendap dan membentuk suatu material mirip batu. Batu empedu yang ditemukan biasanya berupa kolesterol, batu pigmen coklat atau pigmen hitam, atau ada juga yang bercampuran.

Ketika seseorang terkena penyakit batu empedu orang tersebut harus pandai-pandai dalam memilah makanan, karena tidak semua makanan dapat dikonsumsi oleh para penderita penyakit batu empedu. Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit batu empedu :

1. Bayam

Bayam menjadi sayuran hijau yang bisa dikonsumsi dalam batas tertentu oleh penderita batu empedu. Bayam banyak mengandung senyawa oksalat yang bisa meningkatkan potensi masalah batu ginjal. Jadi, meskipun bayam aman untuk dikonsumsi namun harus dalam batas tertentu. Potensi bayam hanya menyebabkan masalah pada batu ginjal dan bukan pada masalah batu empedu. Tapi biasanya banyak penderita batu empedu yang juga memiliki komplikasi batu ginjal. Jadi, bayam aman untuk penderita batu empedu, tapi batasi jumlah konsumsi harian. Bayam juga dapat dijadikan makanan penambah darah super cepat yang dapat membantu penderita penyakit anemia.

2. Brokoli

Brokoli adalah jenis sayur yang memiliki kalori rendah dan banyak mengandung serat. Selain itu brokoli juga banyak mengandung vitamin A dan vitamin C. Brokoli tidak mengandung lemak sama sekali dan bahan kandungan lain yang ditemukan adalah karbohidrat, protein, dan kalsium. Brokoli bisa dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas karena jika berlebihan dapat menyebabkan produksi gas yang menyebabkan sakit perut. Untuk itu brokoli adalah makanan untuk penderita asam lambung yang harus dihindari.

3. Beras Merah

Beras merah bisa menjadi menu pengganti beras putih. Beras merah tidak meningkatkan potensi lemak dalam tubuh. Bahkan kandungan zat mangan dalam beras merah bisa bermanfaat untuk menetralisir lemak yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu beras merah banyak mengandung zat antioksidan yang bisa bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Meskipun beras merah diijinkan untuk dikonsumsi, namun hanya dalam batas tertentu saja. Beras merah selain untuk batu empedu juga terkenal sebagai makanan untuk diet cepat yang dapat menurunkan berat badan secara drastis.

4. Daging Merah Tanpa Lemak

Daging merah tanpa lemak hanya boleh dikonsumsi dalam porsi yang sangat sedikit. Penderita batu empedu sama sekali tidak boleh mengkonsumsi banyak lemak karena bisa meningkatkan potensi batu empedu yang lebih parah. Jika lemak masuk ke dalam tubuh maka kandung empedu bisa menyebabkan beberapa reaksi seperti diare, mual, sembelit, sakit perut dan mulas. Hal ini disebabkan karena empedu sama sekali tidak merespon kadar lemak yang masuk ke tubuh.

5. Lemon

Lemon memiliki kandungan asam sitrat dan vitamin C yang sangat baik untuk penderita batu empedu. Kandungan asam sitrat dan vitamin C bisa membantu melarukan kalsifikasi dalam tubuh, sehingga lemon bisa digunakan untuk melarutkan batu empedu. Konsumsi lemon dapat dilakukan bersamaan dengan minyak zaitun. Lemon juga banyak mengandung antioksidan yang bisa mencegah peradangan dan infeksi pada organ tubuh.

6. Lobak

Lobak adalah salah satu sumber makanan yang bisa menjadi obat bagi penderita batu empedu. Jenis lobak yang sangat baik untuk penyakit batu empedu adalah lobak hitam. Lobak terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan kadar HDL dan menurunkan kadar lipid dalam darah. Konsumsi harian lobak hitam juga dapat membantu meringankan sakit batu empedu. Penelitian ini telah dimuat dalam Jurnal Biomedik dan Bioteknologi yang keluar pada tahun 2012.

7. Mentimun

Mentimun memiliki banyak kandungan air yang bermanfaat untuk membersihkan racun pada hati. Selain itu mentimun juga banyak mengandung vitamin B, lariciresinol, secoisolariciresinol dan pinoresinol. Anda bisa mengkonsumsi mentimun menjadi jus. Bahkan campuran jus mentimun, wortel dan jeruk sangat disarankan untuk penderita batu empedu.

8. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan zat antioksidan yang sangat tinggi. selain itu minyak zaitun memiliki zat asam yang bisa mencegah pembentukan batu empedu. Bahkan konsumsi minyak zaitun secara rutin juga bisa mengurangi resiko pembentukan batu empedu. Fakta ini telah diteliti oleh Dr Penny Stanway yang ditulis dalam bukunya yang berjudul Miracle of Olive Oil.

9. Salmon

Salmon menjadi salah satu jenis ikan yang bisa dikonsumsi oleh penderita batu empedu. Ikan salmon mengandung omega 3 dan lemak hingga 11 gram. Konsumsi ikan salmon harus dibatasi pada penderita batu empedu karena bisa menyebabkan kenaikan kadar kolesterol. Tapi jika tidak menyebabkan rasa sakit atau gangguan lain maka boleh dikonsumsi secara rutin.

10. Semangka

Semangka memiliki kandungan air mencapai lebih dari 90%. Selain itu semangka juga mengandung vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C. bahkan semangka juga memiliki kandungan licopene, asam amino dan antioksidan. Selain itu semangka tidak memiliki kandungan lemak. Senyawa licopene dalam semangka mampu mengatasi dan mencegah peradangan dan antioksidan yang bisa mengatasi masalah radikal bebas. Kandungan air dalam semangka juga bisa mengatasi masalah dehidrasi sehingga bisa membantu penderita batu empedu.

11. Seledri

Seledri adalah sayuran yang banyak mengandung kalsium, tembaga, magnesium, natrium, seng, zat  besi, dan kalium. Selain itu seledri juga memiliki kandungan asam lemak dan semua vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa zat lain yang ditemukan dalam seledri adalah senyawa tiamin, asam folat, serat dan riboflavin. Semua jenis nutrisi dalam seledri bisa merangsang kekebalan tubuh dengan meningkatkan potensi senyawa antioksidan dalam tubuh. Seledri bisa membantu sistem kebugaran tubuh bagi penderita batu empedu.

12. Tuna

Ikan tuna bisa menjadi sumber protein tinggi untuk penderita batu empedu. Konsumsi tuna yang masuk dalam batas toleransi adalah sekitar 3 ons per hari. Kandungan ikan tuna yang baik untuk kesehatan empedu adalah omega 3 yang bisa bermanfaat untuk mengatur kadar kolesterol buruk pada tubuh. Pada umumnya semua penderita batu empedu bisa mengkonsumsi ikan tuna, tapi jika menyebabkan sakit perut sebaiknya dihindari.

13. Tomat

Tomat adalah buah yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Berbagai nutrisi yang ditemukan dalam buah tomat antara lain adalah vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat dan tiamin. Bahkan buah tomat juga mengandung sumber kalsium seperti potassium, mangan, magnesium, tembaga dan fosfor. Senyawa licopene dalam tomat juga  berperan penting untuk mengendalikan kesehatan organ vital tubuh seperti empedu. Konsumsi tomat secara rutin akan mengurangi resiko batu empedu dan meringankan sakit batu empedu.

14. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung banyak vitamin A, vitamin B5, B6, dan beberapa senyawa lain seperti niasin, riboflavin, tiamin dan karotenoid. Bahkan ubi jalar sama sekali tidak memiliki kandungan lemak dan rendah sodium. Serat dalam ubi jalar juga sangat baik untuk membantu proses pencernaan. Ubi jalar bisa dikonsumsi oleh penderita batu empedu dengan cara direbus atau dikukus.

15. Yogurt

Yogurt adalah makanan yang bisa menjadi sumber kalori untuk tubuh. Yogurt memiliki beberapa kandungan yang sangat baik untuk penderita batu empedu seperti protein, serat, antioksidan dan lemak tak jenuh. Yogurt mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik untuk penderita batu empedu. Bahkan konsumsi yogurt secara rutin dapat mencegah komplikasi batu empedu.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita batu empedu. Selain beberapa makanan seperti di atas kami juga punya solusi ampuh lainnya untuk mengobati sampai menghancurkan batu empedu secara alami hanya dengan konsumsi herbal Lecithin Softgel dijamin batu pada empedu akan pecah dan keluar.

Untuk info lebih lengkapnya, klik disini Lecithin Softgel Green World

Makanan Yang baik Untuk Penderita Batu Empedu

No comments:

Post a Comment